2 Cara Memperbaiki System Restore Yang Error

System Restore adalah fitur yang berfungsi sebagai ‘pertolongan pertama’ pada komputer yang sedang dalam keadaan error atau bermasalah.

Dalam keadaan ini System Restore dapat mengembalikan keadaan komputer berdasarkan tanggal dimana komputer anda masih dalam keadaan baik. Pada Windows XP fitur System Restore ini dapat ditemukan melalui Start Menu > All Programs > Accessories > System Tools sedangkan pada Windows 7 atau Vista cukup mengetikkan system restore dan tekan Enter, pada kotak pencarian. Untuk menggunakan fitur ini sebelumnya pastikan agar fitur system restore dikomputer anda dalam keadaan aktif.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah dengan klik kanan pada MyComputer > Properties atau dapat juga melalui Start Menu > Control Panel > System kemudian ke tab bagian System Restore dan pastikan tulisan Turn off system restore on all drive dalam kedaan tidak terpilih.

Berikutnya, bagaimana jika ternyata system restore tersebut tidak dapat dijalankan oleh karena telah dirusak atau diblokir oleh malware? Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah melakukan scan virus pada mode safemode. Bila system restore tetap tidak dapat dibuka, maka anda dapat mencoba 2 cara dibawah ini:

Cara 1:

  1. Klik Start Menu > Run. Ketikkan services.msc lalu tekan Enter
  2. Lalu temukan tulisan volume shadow copy pada deretan list disebelah kanan.
  3. Lalu ubah opsi StartUp type menjadi Automatic dan klik Start pada tombol dibawahnya.
  4. Klik Apply dan Ok. Kemudian restart komputer anda.

Cara 2:

Bila dengan cara diatas tetap tidak memperbaiki system restore anda, maka cobalah untuk merestart komputer anda dan masuk ke System restore versi safemode dengan menekan F8 secara berulang-ulang pada saat booting. Pada Windows SP tertentu dapat mengakses menu Advance Boot Menu seperti yang tampak pada gambar berikut:

2-Cara-Memperbaiki-System-Restore-Yang-Error

Bila anda tidak dapat menemukan opsi boot seperti gambar diatas, cobalah ulangi lagi dengan menekan F8 sedikit lama- lalu lepas, tekan F8 lagi – lepas lagi, secara berulang-ulang. Terkadang cara ini dapat memunculkan opsi tambahan pada boot menu seperti gambar diatas. Namun terkadang tidak semua versi Windows dapat memunculkan menu ini tergantung kepada versi update SP Windows yang dipergunakan.

Pada Windows 7, bila anda gagal mengakses menu Advance boot seperti diatas dapat menggunakan Windows 7 System Repair Disc. Cara membuat CD system repair ini adalah melalui

Start Menu > ketikkan system repair disc. lalu tekan Enter. Selanjutnya cukup ikuti perintah dan klik Next saja. Anda perlu CD kosong untuk membuat System repair disc ini.

Setelah CD selesai diburn, biarkan CD tersebut tetap didalam ROM dan segera reboot komputer anda.

Jika anda melihat pesan ‘Press Any Key’ tekan tombol apa saja dikeyboard untuk melanjutkan

Ikuti setiap perintah yang muncul hingga anda melihat menu restore seperti gambar dibawah, kemudian pilih system restore tool

2-Cara-Memperbaiki-System-Restore-Yang-Error-2

Demikianlah tulisan mengenai 2 Cara Memperbaiki System Restore Yang Error  Semoga bermanfaat :-)

Tentang feizarani

great - incredible - forever
Tulisan ini dipublikasikan di Tips N Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s